Rabu, 17 Desember 2014

Video Streaming Server Menggunakan VLC berbasis Protokol HTTP, RTSP, dan RTP

Video Streaming           

          Video Streaming adalah istilah yang sering kita gunakan saat melihat video di internet melalui browser dimana kita tidak perlu mendownload file video tersebut untuk dapat memutarnya. Istilah ini tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya. Jadi video streaming dapat diartikan transmisi file video secara berkelanjutan yang memungkinkan video tersebut diputar tanpa menunggu file video tersebut disampaikan secara keseluruhan.

Protokol transport TCP dan UDP

         TCP (Transmission Control Protocol) adalah protokol yang paling umum digunakan pada dunia internet, karena kelebihan TCP yaitu adanya koreksi kesalahan. Dengan menggunakan protokol TCP, maka proses pengiriman akan terjamin. Hal ini disebabkan adanya bagian untuk sebuah metode yang disebut flow control. Flow control menentukan kapan data harus dikirim kembali, dan kapan menghentikan aliran data paket sebelumnya, sampai data tersebut berhasil ditransfer. Hal ini karena jika paket data berhasil dikirim, dapat terjadi sebuah ‘tabrakan’. Ketika ini terjadi, maka klien akan meminta kembali paket dari server sampai seluruh paket berhasil ditransfer dan identik dengan aslinya.
         UDP (User Datagram Protocol) adalah protokol umum lainnya yang digunakan pada dunia internet dan merupakan connectionless. UDP dapat lebih cepat daripada TCP karena pada protokol UDP tidak ada bentuk kontrol aliran dan koreksi kesalahan. Artinya UDP tidak mementingkan bagaimana keadaan koneksi, jadi jika terjadi pengiriman data maka tidak dijamin berhasil sampai atau tidaknya data tersebut. Pada UDP juga tidak ada pemecahan data, oleh karena itu tidak dapat melakukan pengiriman data dengan ukuran yang besar. UDP mempunyai kelebihan dibandingkan TCP dengan tidak menggunakan field sequence dan acknowledgement. Keuntungan UDP yang paling jelas dari TCP adalah byte tambahan yang lebih sedikit. Di samping itu, UDP tidak perlu menunggu penerimaan atau menyimpan data dalam memory sampai data tersebut diterima. Ini berarti, aplikasi UDP tidak diperlambat oleh proses penerimaan dan memory dapat dibebaskan lebih cepat.

Tutorial Membuat Server Video Streaming 

1. Install aplikasi VLC pada Windows
          Pastikan komputer anda telah terinstall VLC sebagai aplikasi untuk streaming Video. VLC dapat di download pada link berikut ini http://www.videolan.org/vlc/ .

2. Buat Server Video Streaming dengan memilih Stream pada submenu Media. Add video yang akan di streaming, lalu klik Stream. Seperti yang terlihat seperti gambar di bawah ini :


 akan muncul tampilan Source seperti gambar di bawah, Klik Next.






akan muncul tampilan Destination Setup. Pilih destination sesuai yang kita inginkan seperti HTPP, RTP, atau mungkin RTSP, dan juga crosscheck Display locally jika kita ingin melihat video yang kita stream. Pada kali ini saya akan menstream video dengan destination HTTP, RTSP, dan RTP Seperti yang terlihat pada gambar di bwah ini :





Selanjutnya klik Add, dan akan muncul untuk HTTP dan RTSP kolom port dan path, untuk port kita gunakan port default yang di set VLC, dan untuk path kita dapat membuat nama path sesuai yang diinginkan, seperti pada contoh ini saya tuliskan " test". Untuk RTP akan muncul kolom Address, base port dan stream name, isikan address multicast yaitu ip tipe D yang pada contoh ini " 239.192.1.5" baseport 5004 dan stream name di kosongkan saja.




Klik Next, akan muncul tampilan Stream Output. Disini kita dapat memilih bentuk output dari file yang kita stream seperti video saja, audio saja, audio dan video, dan banyak pilihan lainnya. pada kali ini kita akan outputkan Video - MPEG-2 + MPGA (TS)



klik Next. dan plih Stream untuk menstreaming video yang telah dipilih.


Untuk membuka video yang di streaming dari VLC dapat dilakukan dengan cara masuk ke menu Media pilih Open Network Stream. 


Pada tab Network masukkan alamat sesuai dengan tipe protokol yang kita gunakan untuk streaming tadi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :




Sehingga akan muncul video streaming seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :




Enjoy It Guys!!

1 komentar: