Minggu, 02 November 2014

Membuat DNS Server

DNS SERVER


          DNS adalah kependekan dari Domain Name System, yaitu suatu metode pemberian nama komputer sebagai pengganti IP address secara terdistribusi, dimana pengelolaan secara lokal terhadap suatu data akan segera diteruskan ke seluruh jaringan ( internet ) dengan menggunakan skema client server. Suatu program yang dinamakan "nameserver" mengandung semua segmen informasi dari database dan juga merupakan resolver bagi client-client yang berhubungan ataupun menggunakannya.
         Fungsi dari DNS adalah menerjemahkan nama komputer ke IP address ( memetakan ). Client DNS disebut dengan resolvers dan DNS sever disebut dengan name servers. Resolvers atau client mengirimkan permintaan ke name server berupa queries. Name server akan memproses dengan cara mencek lokal database DNS, menghubungi name server lainnya atau akan mengirimkan message failure jika ternyata permintaan dari client tidak ditemukan. Proses tersebut disebut dengan forward Lookup Query, yaitu permintaan dari client dengan cara memetakan nama komputer ( host ) ke IP address.


- Resolvers mengirimkan queries ke name server
- Name server mencek ke local database, atau menghubungi name server lainnya, jika               ditemukan         akan diberitahukan ke resolvers jika tidak akan mengirimkan failure                message
- Resolvers menghubungi host yang dituju dengan menggunakan IP address yang diberikan        name         server

Pada kali ini saya membuat DNS server dari sistem operasi ubuntu 12.04. menggunakan aplikasi apache2 untuk web server ( localhost ) dan bind9 untuk mengganti alamat IP menjadi nama atau domain name system nya.
masuk ke super user melalui terminal, dengan cara yang telah di jelaskan pada postingan sebelumnya yaitu " sudo su " dengan password yang telah di set pada komputer tersebut. 
       sebelum membuat web dan DNS server pastikan source update kita dari kambing.ui.ac.id yang bisa dilihat dari update manager, dan mendownload aplikasi apache2 dan bind9 dengan mengetikkan coding " apt-get install apache2 " untuk download apache2 dan " apt-get install bind9 " untuk download bind nya.



terlihat dari gambar diatas bahwa komputer yang digunakan telah terinstall apache2 dan bind9 sehingga tidak ada yang di update.
kita lanjut dengan melihat ip address komputer menggunakan coding " ifconfig " pada terminal, ip address ini berfungsi sebagai alamat ip localhost yang nanti nya ip tersebut akan kita petakan menjadi nama domain yang di inginkan.

#if config

sehingga akan tampil tampilan seperti gambar berikut :


ip komputer yang digunakan pada saat ini yaitu 172.16.30.10. jika kita ketikkan ip ini pada web search akan tampil di layar tampilan dengan tulisan besar it works, dimana ini menandakan web server localhost kita telah berjalan. selanjutnya yaitu memetakan ip ini menjadi sebuah nama sehingga mudah diingat, menggunakan aplikasi bind9 dengan langkah awal yang dilakukan yaitu :

Membuat file database DNS nya, yang digunakan untuk mengkonfigurasi lamat ip server dan sebagainya. dengan mengetikkan coding :

touch /etc/bind/db.alvidmoera.co.id 

file yang dibuat tersebut belum ada konfigurasi nya, jadi untuk mempermudah kerja kita copy kan konfigurasi db.local ke dalam db.alvidmoera.co.id yang baru dibuat dengan mengetikkan :

# cp /etc/bind/db.local /etc/bind/db.alvidmoera.co.id

edit file tersebut menggunakan coding nano, 

# nano /etc/bind/db.alvidmoera.co.id

sehingga akan muncul tampilan untuk megedit file db.alvidmoera.co.id, lakukan sedikit perubahan yang awal nya konfigurasi db.local menjadi seperti gambar berikut :


simpan konfigurasi yang telah kita atur dengan menekan " ctrl + x " untuk exit, dan kan muncul pertanyaan apakah anda kan menyimpan maka pilih " yes ", lalu Enter. 

Selanjutnya buat lagi sub file yang tadi dengan mengetikkan coding

# touch /etc/bind/sub.alvidmoera.co.id

isi kan file db.127 ke dalam file yang baru kita buat tersebut dengan mengetikkan :

# cp /etc/bind/db.127 /etc/bind/sub.alvidmoera.co.id

lalu edit file tersebut dengan mengetikkan  " nano /etc/bind/sub.alvidmoera.co.id "

#nano /etc/bind/sub.alvidmoera.co.id

sehingga akan muncul tampilan untuk mengedit file sub.alvidmoera.co.id, lakukan perubahan yang awalnya adalah configurasi file db.127 sehingga menyerupai gambar berikut :


simpan konfigurasi tersebut. selanjutnya konfigurasi nama domain ke alamat ip yang kita punya dengan membuka file :

#nano ./etc/bind/named.conf.local

dilakukan perubahan seperti gambar dibawah ini :



simpan configurasi tersebut. domain name yang kita buat telah disesuaikan dengan ip komputer. untuk gambaran lebih jelasnya dengan coding yang telah saya ketikkan dari langkah 1 hingga langkah terakhir pada terminal dapat di review pada gambar berikut:




  yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu merestart bind dan cek domain kita apakah sudah sesuai dengan ip yang kita inputkan.

# /etc/init.d/bind9 restart
# nslookup alvidmoera.co.id

lebih jelasnya dapat dilihat dari gambar berikut :



Ip localhost kita telah di ubah menjadi sebuah nama yang mudah di ingat yaitu www.alvidmoera.co.id ,
sehingga apabila kita ketikkan www.alvidmoera.co.id pada web search komputer yang akan muncul tampilan sebagai berikut :


It works!! DNS server yang dibuat telah berjalan sesuai yang di harapkan..

Enjoy It Guys!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar