Senin, 10 November 2014

Membuat FTP Server



File Transfer Protokol ( FTP ) merupakan metode populer untuk mentransfer file diantara komputer komputer. Komunikasi FTP mengikuti model client server dimana klien memulai komunikasi dengan mengirim perintah, dan server meresponnya dengan pesan dan kode kode status, termasuk melakukan pengiriman atau penerimaan file. FTP bekerja dengan TCP dan umumnya digunakan di internet meskipun dapat juga diimplementasikan dalam lingkungan LAN.

Protokol FTP mengizinkan transaksi file dua arah, dimana file file dapat dikirim ke sebuah server. Transaksi transaksi ini meliputi file system lokal ( dalam sisi klien ) dan file system remote ( dalam sisi server ). saat sebuah file ditransfer diaantara mesin lokal dan mesin remote, nama file tersebut tidak berubah, kecuali jika user bersangkutan mengubahnya ke nama baru. protokol FTP umumnya menetapkan daftar tipe file yang di transfer.

komunikasi FTP merupakan pilihan yang bagus untuk berkirim ragam file, dan mensupport hampir semua tipe file yang dikenal saat ini seperti text, gambar, audio, program, dan lain sebagai nya.
Saat sebuah server menerima request request FTP, ia membuat sebuah port ( normalnya port 21 ) untuk koneksi yang masuk dan mengauntentifikasi klien klien berdasarkan account atau perizinan seorang user dapat login menggunakan account sah dalam mesin yang bersangkutan, memberikan pasword miliknya, jika login dinyatakan valid, maka ia diberi hak untuk mengakses beragam file sebagaimana normalnya bekerja shell unix.

Pada kali ini kita kan membuat FTP server pada ubuntu menggunakan "Proftpd" yaitu aplikasi untuk melakukan transfer data dimana kita bisa membuat sebuah server yang bisa memberikan fasilitas upload dan download dari sebuah server.

Langkah awal yang dilakukan yaitu menginstall program proftpd dengan mengetikkan " apt-get install proftpd

#apt-get install proftpd


dari gambar diatas terlihat bahwa komputer yang digunakan telah terinstall proftpd sehingga tidak ada yang di upgrade. jika komputer belum terinstall proftpd, pada saat instalasi akan tampil pilihan " run proftpd " maka pilih "standalone" lalu oke.

Selanjutnya edit file konfigurasi proftpd menggunakan nano/gedit 

#nano /etc/proftpd/proftpd.conf 

sehingga akan muncul tampilan seperti gambar di bawah :


Ganti ServerName "Debian" menjadi nama yang diinginkan. Contoh nya " Ubuntu Ftp Server "



simpan konfigurasi. Lalu restart Proftpd dengan " /etc/init.d/proftpd restart "

# /etc/init.d/proftpd restart

FTP server telah berhasil dibuat dan dapat di cek melalui browser dengan memasukkan ip komputer kita pada alamat pencarian, kebetulan komputer yang di gunakan ip address nya 172.16.30.13.
sehingga dengan mengetikkan 172.16.30.13 pada alamat pencarian akan muncul tampilan sebagai berikut:



Untuk dapat mengakses file harus memasukan user authentication username dan password. username komputer "jartel2" dan password nya "234".

Dari terminal juga dapat diuji dengan megetikkan coding " ftp localhost " 

# ftp localhost

Sehingga akan muncul tampilan sebagai berikut :


Protokol FTP mengizinkan transaksi file dua arah, dimana file file dapat dikirim ke sebuah server. Transaksi transaksi ini meliputi file system lokal ( dalam sisi klien ) dan file system remote ( dalam sisi server ).

Enjoy It Guys!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar