Minggu, 19 Oktober 2014

Pengenalan Ubuntu

   
       
          Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.
        Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Ubuntu desktop versi 12.04. Untuk sekedar informasi, Ubuntu ini melakukan upgrade software 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Versi 12.04 ini berarti kita menggunakan Ubuntu dengan Update pada bulan April tahun 2012.

Langsung saja menuju tampilan desktop Ubuntu :


Dari gambar di atas terlihat bahwa tampilan Ubuntu berbeda dengan tampilan windows. Pada bagian kanan atas layar terdapat Stray yang berisikan tanggal, waktu, nama user, tombol power dan juga bar notifikasi seperti wifi, sound, dan juga pesan yang biasa nya pada windows terletak pada bagian kanan bawah. Pada bagian kiri Ubuntu terlihat dock susunan icon-icon seperti file folder, mozilla firefox, aplikasi pengolah kata Libreoffice word yang sama dengan office word pada windows, aplikasi pengolah angka Libreoffice calc yang sama dengan ms office excel pada windows, Libre office impress, setting, dan juga aplikasi yang kita buka akan disisip pada dock ini


gambar diatas merupakan tampilan dari search, yang menampilkan aplikasi dan juga aplikasi yang terakhir digunakan.


gambar diatas merupakan tampilan file, atau pada windows biasa disebut windows explorer.


gambar diatas merupakan tampilan menu setting. dimana kita dapat melakukan konfigurasi layar, bhasa yang digunankan, koneksi, dan hal-hal lainnya.

.untuk mengganti tampilan/wallpaper desktop dapat dilakukan dengan klik kanan pada layar dan memilih change desktop background, yang tidak jauh berbeda dengan mengganti tampilan/walpaper windows.

selanjutnya kita masuk ke terminal, atau yang biasa disebut command prompt pada windows. tampilan terminal sebagai berikut :


pada terminal ini kita dapat masuk ke system root komputer dengan memasukkan coding "sudo su" (super user) yang biasa nya akan meminta password user. password komputer yang saya gunakan yaitu 234.
disini kita dapat mengotak-atik komputer menggunkan coding yang telah ditetapkan dari ubuntu nya sendiri. pada percobaan kali ini kita melakukan change directory, melihat isi folder, edit file, membuat file, membuat direktori, menghapus direktori, mengganti nama folder, copy file, konfigurasi ip, merestart networking, dan melihat ip konfigurasi.

berikut coding-coding yang digunakan pada terminal :
>> cd home/ jartel2/ Music     (change directory menuju home>jartel2> Music)
>> ls                                        ( melihat isi folder)
>> gedit test1.txt                     ( mengedit file dengan nama test1 tipe file txt )
>> echo haloo > test1.txt        ( membuat file berisikan teks haloo dengan nama file test1 tipe txt )
>> mkdir alvid1                      ( membuat direktory dengan nama alvid1 )
>> rmdir alvid1                      ( menghapus direktory yang bernama alvid1)
>> mv alvid1/ test2/               ( mengganti nama folder yang bernama alvid1 menjadi test2 )
>> cp alvid1/ test1.txt alvid2/   ( mengopy file test1.txt yang berada pada folder alvid1 ke folder alvid2
>> gedit /etc /network /interfaces (konfigurasi ip)
>> etc /init.d /networking restart ( merestart networking ) 
>> ip config                            ( melihat ip konfigurasi)



selanjutnya kita akan mengubah update manager ubuntu, sebagai source tempat kita mendownload aplikasi aplikasi terbaru untuk komputer kita. Disini kita akan mengubah software source nya dari kambing.ui.ac.id. dengan mengklik search pada bagian kiri atas desktop, pada tab pencarian ketikkan update seperti gambar dibawah :


klik update manager, sehingga tampil tampilan sebagai berikut :


klik setting, sehinggap muncul :


plih sumber nya dari kambing.ui.ac.id lalu close. untuk memastikan software source kita telah berubah dapat dilihat dari terminal menggunakan coding >>apt-get update .



enjoy it guys !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar