Selasa, 21 Oktober 2014

Trafik parameter RTT ( Round Trip Time )

Analisa trafik dengan parameter Round Trip Time

            Pengguna internet di indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring berkembangnya muatan informasi dan bergesernya karakteristik masyarakat Indonesia menjadi information oriented. Kondisi ini dapat dengan mudah ditemui di masyarakat perkotaan dan bahkan di masyarakat pedesaan dengan ditandai munculnya beberapa tempat akses internet seperti warnet atau bahkan jaringan 2.5G-3G yang mudah diakses dengan modem GSM atau CDMA.
            Perkembangan yang positif ini bukannya tanpa masalah, dan yang paling mudah dideteksi adalah permasalahan di sisi user yaitu perihal lambatnya kecepatan akses akibat kondisi jaringan yang kurang baik dengan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Pada praktikum ini saya melakukan analisis sederhana tentang trafik dengan parameter round trip time (RTT) dari PC pengguna ke server web tujuan. Aplikasi yang digunakan yaitu PING dan Spread Sheet untuk mengolah data  dan membuat grafik.
            Percobaan I, yaitu mencari tahu jalur yang di tempuh menuju suatu NODE/LINK menggunakan Command Prompt dengan mengetikkan tracert (domain name link yang di tuju. Tracert adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan mengirim pesan internet Contol Message Protocol (ICMP) Echo Request ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur host dan tujuan. Pada kali ini saya akan melihat jalur yang ditempuh menuju www.detik.com, maka pada cmd ditulis tracert www.detik.com seperti yang terlihat pada gambar berikut :




Gambar diatas merupakan rute yang dilewati paket data menuju www.detik.com. Dari data tersebut terlihat dari laptop menuju www.detik.com melewati 12 router, 192.168.1.1 merupakan ip default modem yang di dapat dari Telkom speedy, menuju tujuan terakhir kita yaitu www.detik.com dengan alamat ip 203.190.242.69.

            Percobaan II, yaitu Pengaruh Ukuran paket data terhadap RTT. Dengan melakukan PING ke alamat yang dituju dengan 15 kali iterasi ukuran paket 8, 16, 32, 64, 128, 256, 512, 1024, 1500, 2000, 2500, 3000 byte dan Time to Live data sebanyak 225. Dengan mengetikkan pada CMD sebagai berikut :


   Keterangan :
                      -n 15     : Merupakan jumlah iterasi data yang akan dikirim
                      -l 8        : Merupakan ukuran data yang dikirim
             -I 225    : Merupakan ukuran jumlah Time to Live data yang dikirim
                       > 15_8  : Merupakan nama file yang akan di simpan dalam bentuk txt pada direktori

Setelah menekan enter maka computer akan memproses command yang kita ketikkan dan data hasil prose dapat dilihat pada Windows Explorer Users folder alvid dengan nama 15_8, berikut data hasil proses ping www.detik.com :


Dari data diatas terlihat ping statistic menuju detik seperti data yang terkirim 15, diterima 15, data yang hilang 0, 0% kehilangan data. Kecepatan minimum dari 15 sampel data yang dikirim yaitu 53ms, kecepatan maksimum 205ms, sehingga dari data-data tersebut didapat kecepatan rata-rata dalam pengiriman paket data ukuran 8 byte yaitu 133ms.
Selanjutnya mengubah ukuran data menjadi 16, 32, 64, 128, 256, 512, 1024, 1500, 2000, 2500, 3000 byte dengan parameter yang lain tetap, di dapat data seperti yang terlihat pada tabel di bawah ini :


Dari tabel ini dapat kita konversikan menjadi grafik rata-rata Round Trip Time berdasarkan pada ukuran paket data dan rata-rata kecepatan pengiriman paket data sebagai berikut :


Terlihat dari grafik diatas rata-rata kecepatan pengiriman data per satuan waktu milisecon, ideal nya semakin besar ukuran data yang dikirim semakin besar pula waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman data. Hanya saja pada realita nya kecepatan internet yang digunakan pada saat pengambilan sampel tidak stabil sehingga grafik data yang dihasilkan tidak linear seperti yang diharapkan.


Kesimpulan :
 -Tracert adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan.
 -Rute yang ditampilkan pada tracert adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host           yang terdapat pada jalur host dan tujuan.
 -ping www.detik.com –n 15 –l 32 –i 225 > 15_8.txt
        Keterangan :
             -n 15     : Merupakan jumlah iterasi data yang akan dikirim
             -l 8        : Merupakan ukuran data yang dikirim
             -I 225    : Merupakan ukuran jumlah Time to Live data yang dikirim
             > 15_8  : Merupakan nama file yang akan di simpan dalam bentuk txt pada direktori

- Semakin besar ukuran data yang dikirim semakin besar pula waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman data.

Enjoy it Guys!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar