Minggu, 26 Oktober 2014

Web Server

  
           Dalam kemajuan teknologi zaman sekarang, jaringan internet sangat dibutuhkan oleh masyarakat pada umumnya. Jika bicara tentang internet, tentu tidak akan bisa lepas yang namanya web server. Sebagian orang mungkin mengetahui istilah web server, akan tetapi tidak sedikit juga orang yang belum tahu mengenai Pengertian Web Server ini. Secara umum dapat disimpulkan bahwa Pengertian Web Server adalah sebuah layanan internet yang telah disediakan oleh komputer.
Dalam memasukkan web yang telah dirancang dalam internet, maka terlebih dahulu memiliki ruangan dalam internet dan ruangan inilah disediakan oleh server. Selain itu juga,Pengertian Web server merupakan sebuah perangkat komputer yang digunakan untuk mengakses segala jenis file yang terdapat pada halaman web melalui HTTP/HTTPS dengan menggunakan aplikasi atau program tertentu (dikenal dengan nama web browser) dan mengirimkan kembali hasil permintaannya dalam bentuk halaman – halaman web yang berbentuk dokumen HTML.
           Kegunaan yang utama  Web server ini adalah mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi (HTTP) yang telah ditentukan.  Selain itu, web server berfungsi untuk mentransfer seluruh berkas/file dalam sebuah halaman web yang saling terkait misalnya di dalamnya terdapat teks, video, gambar dan lainnya. Pengguna pada web browser, biasanya meminta layanan atas halaman web atau berkas yang terdapat pada sebuah server web, kemudian server sebagai manajer layanan tersebut akan mengirimkan kembali  halaman dan berkas-berkas pendukung yang dibutuhkan. Apabila halaman/berkas yang diminta tidak tersedia, maka permintaan tersebut akan ditolak.
           banyak aplikasi-aplikasi web server yang tersedia seperti xitami web server, zeus web server, sun java system web server, apache web server, dan sebagai nya. pada kali ini kita akan menggunakan apache web server versi 2.

        Apache merupakan aplikasi open source yang berarti semua orang dapat menggunakan, mengambil, bahkan mengubah kode program nya. Tugas utama apache yaitu menghasilkan alamat web yang benar kepada peminta, berdasrakan kode php yang dituliskan oleh pembuat alamat web. apache ini memiliki beberapa kelebihan, yaitu :
1. Mampu beroperasi pada berbagai platform sistem operasi.
2. mempunyai satu file konfigurasi sehingga mudah mengkonfigurasinya.
3. mudah dalam proses instalasi apabila dibandingkan dengan web server lainnya.
mudah dalam menambahkan periferal lainnya ke dalam platform web server.
            Baiklah, langsung saja kita mulai membuat web server dengan login terlebih dahulu pada sistem operasi Ubuntu. langkah awal yang dilakukan adalah cek konektifitas dengan melakukan ping kepada ip google ping 8.8.8.8. selanjutnya pastikan repository ubuntu kita telah diubah sumbernya yaitu dari kambing ui.ac.id dengan cara seperti yang telah saya jelaskan pada postingan pengenalan ubuntu minggu lalu. lalu download apache melalui terminal dengan masuk kepada super user, ketikkan coding "apt-get install apache2". seperti yang terlihat pada gambar berikut :


dari gambar diatas didapat informasi bahwa pada komputer yang saya gunakan telah terinstall apache sebelumnya "apache2 is already the newest version". 
untuk membuktikan apakah apache yang kita install berjalan, dapat dilakukan dengan mengetikkan ip address pada alamat web. ip ini dapat dilihat dengan mengetikkan ifconfig pada terminal. pada gambar diatas terlihat ip komputer yang saya gunakan yaitu 172.16.30.10. 


It works! apache yang kita istall sudah berjalan dengan baik, tetapi web server ini masih kosong. kita dapat mengedit html ini melalui terminal dengan masuk ke direktori /var/www/ . Secara default apabila kita ketikkan ls pada direktori hanya akan ada index.html. edit html dapat dilakukan dengan mengetikkan coding "gedit index.html" sehingga akan tampil:



selanjutnya kita kan membuat html baru. Dengan mengetikkan " echo alvid.html " untuk membuat html kosong dengan nama alvid, selanjutnya html ini kita edit menggunakan coding gedit seperti cara diatas. berikut contoh program html yang saya buat :




html ini dapat dibuka dengan mengetikkan localhost/alvid.html pada alamat web, seperti gambar dibawah ini :



Program diatas akan menghasilkan halaman web sebagai berikut :



Enjoy It Guys!!

2 komentar: