Senin, 19 Januari 2015

Konfigurasi Blog Pada Server Local Menggunakan Aplikasi WordPress


WordPress adalah aplikasi web yang dapat digunakan untuk membuat blog atau website. Saat ini WordPress sangat populer dan banyak digunakan oleh blog-blog di seluruh dunia karena instalasi dan cara pemakaian nya sangat mudah, sehingga sangat cocok untuk pemula. Blog ini pun menggunakan WordPress.

Membuat website menggunakan WordPress sangat disarankan oleh para pakar Internet marketing karena kemampuan website berbasis WordPress dapat muncul dengan cepat di Search Engine. Seringkali artikel di blog ini muncul di search engine cuma dalam waktu 2-3 hari sejak diposting.
WordPress pertama kali dikembangkan Ryan Boren dan Matt Mullenweg menggunakan script PHP dan MySQL. Mereka bersama developer lainnya mengembangkan proyek WordPress sejak tahun 2004 yang pada waktu itu masih bernama B2. Kemudian menggunakan nama WordPress sampai sekarang.

WordPress juga sangat diminati karena gratis. Setiap orang dapat menginstall aplikasi WordPress ini dengan mudah tanpa harus mengeluarkan uang. Tim developer WordPress sangat agresif menyempurnakan WordPress, baik dari sisi desain yang cantik, kecanggihan programnya dan kemudahan penggunaannya. Saat ini WordPress sedang dalam proses mengeluarkan versi terbaru WordPress 3.0 yang jauh lebih canggih dari versi 2.XX. Walaupun awalnya dirancang untuk blog, WordPress juga dapat digunakan untuk keperluan lain. Misalnya untuk membuat toko online, galeri foto, iklan baris, dsb. Ini karena rancangan WordPress yang sangat fleksibel dengan adanya kemampuan untuk menambahkan plugin (program tambahan). 

Sebelumnya untuk membuat sebuah web server kita membutuhkan Apache dan MySQL yang terdapat pada XAMPP, aktifkan apache dan MySQL dari XAMPP control panel seperti yang terlihat pada gambar berikut :


Selanjutnya masuk ke administrator MySQL dengan mengklik tombol Admin pada barisan MySQL, maka akan muncul tampilan phpMyAdmin seperti gambar di bawah ini :

  
Buat Database dengan masuk ke menu Databases pada bagian kiri atas window, tuliskan nama database yang ingin di buat pada kolom database name seperti yang terlihat pada gambar berikut :


Klik Create, dan nama database yang dibuat akan muncul pada list database. Pilih database yang telah kita buat, sehingga muncul tampilan :


Masuk ke menu Previleges pada menu, buat user baru dengan mengklik Add user pada kolom new, lalu isikan login infomation dan pada global previleges centang semua pilihan seperti yang terlihat pada gambar berikut :




Jika sudah sesuai dengan gambar di atas, klik GO. user dengan nama blogku akan muncul pada list privilege.


Database telah berhasil dibuat. Copy folder wordpress kedalam htdocs pada XAMPP.


Selanjutnya Konfigurasi Wordpress melalui web browser dengan mengetikkan " localhost/wordpress " pada web search. Sehingga muncul tampilan seperti gambar berikut :


Klik let's go untuk memulai konfigurasi. Isikan database name, user name, password, database Host, dan table prefix sesuai dengan konfigurasi yang telah kita lakukan di atas pada admin MySQL.


 Klik tombol Submit

Lalu run the Install untuk masuk ke wordpress instalation, isikan nama website pada site title dan username yang sama seperti yang telah kita buat tadi :


Klik Install Wordpress, dan jika semua informasi yang di masukkan sesuai dengan yang dibuat pada database akan muncul tampilan sebagai berikut :

Akan muncul tampilan login, Isikan username dan password sesuai yang telah dibuat. dan kita dapat nge-Blog seperti blog blog pada umumnya.


Enjoy It Guys!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar