Selasa, 20 Januari 2015

Konfigurasi FTP server pada Windows menggunakan XAMPP


File Transfer Protokol ( FTP ) merupakan metode populer untuk mentransfer file diantara komputer komputer. Komunikasi FTP mengikuti model client server dimana klien memulai komunikasi dengan mengirim perintah, dan server meresponnya dengan pesan dan kode kode status, termasuk melakukan pengiriman atau penerimaan file. FTP bekerja dengan TCP dan umumnya digunakan di internet meskipun dapat juga diimplementasikan dalam lingkungan LAN.
Protokol FTP mengizinkan transaksi file dua arah, dimana file file dapat dikirim ke sebuah server. Transaksi transaksi ini meliputi file system lokal ( dalam sisi klien ) dan file system remote ( dalam sisi server ). saat sebuah file ditransfer diaantara mesin lokal dan mesin remote, nama file tersebut tidak berubah, kecuali jika user bersangkutan mengubahnya ke nama baru. protokol FTP umumnya menetapkan daftar tipe file yang di transfer.
komunikasi FTP merupakan pilihan yang bagus untuk berkirim ragam file, dan mensupport hampir semua tipe file yang dikenal saat ini seperti text, gambar, audio, program, dan lain sebagai nya.
Saat sebuah server menerima request request FTP, ia membuat sebuah port ( normalnya port 21 ) untuk koneksi yang masuk dan mengauntentifikasi klien klien berdasarkan account atau perizinan seorang user dapat login menggunakan account sah dalam mesin yang bersangkutan, memberikan pasword miliknya, jika login dinyatakan valid, maka ia diberi hak untuk mengakses beragam file sebagaimana normalnya bekerja shell unix. 

Pada kali ini kita akan membuat FTP server pada windows menggunakan aplikasi XAMPP yang merupakan salah satu aplikasi website dinamis di localhost atau yang belum terkoneksi dengan internet. 
Langkah awal yang dilakukan yaitu membuka control panel xampp, lalu aktifkan Filezilla seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :


klik tombol " admin " pada baris filezilla untuk memanage FTP server. maka akan muncul tampilan dialog connect to server yang secara otomatis berisikan server address dan nomor port nya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :


Klik OK. maka akan muncul tampilan jendela Filezilla Server. pada menu edit klik users.





Sehingga akan muncul tampilan jendela users seperti gambar di bawah ini :





Pada kolom users, klik add untuk menambahkan user baru untuk FTP, isikan nama user yang diinginkan pada kolom pertama seperti yang terlihat pada gambar berikut ini :




Klik OK, sehingga akan muncul nama user yang kita buat pada kolom users. Untuk memberi password pada saat login FTP kita, dapat dilakukan dengan mencentang kotak password lalu set password yang diinginkan.


Selanjutnya pada page Shared folders, tambahkan folder yang ingin di share pada server FTP dan pada bagian files anda bisa mengatur apa yang dilakukan user terhadap file yang kita share seperti  read, write, delete, atau append. seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :


Jika telah selesai, klik tombol OK dan FTP server telah berhasil dibuat. FTP server ini dapat kita test pada web browser dengan mengetikkan " ftp// < alamat ip > " seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :





maka akan muncul tampilan dialog authentication Required, masukkan username dan password yang telah di set sebelumnya. File sudah dapat diakses sesuai dengan batasan akses yang telah di tentukan.




Enjoy It Guys!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar